Minggu, 16 September 2018

Menganalisis peluang usaha


Peluang Usaha adalah kesempatan yang ada untuk bisa dimanfaatkan dalam memperoleh sebuah keuntungan bagi seorang wirausaha/wirausahawan.

Banyak peluang yang disia-siakan sehingga berlalu begitu saja karena tidak semua orang dapat melihat peluang dan yang melihatpun belum tentu berani memanfaatkan peluang tersebut.

Hanya wirausahawan yang dapat berpikir kreatif serta berani mengambil resiko itulah yang dengan tanggap dan cepat memanfaatkan peluang.

Inspirasi merupakan sumber dari peluang, dan Inspirasi bisa muncul dari mana saja dan kapan saja,

Faktor – faktor yang mempengaruhi inspirasi :

A.Faktor internal, yang berasal dalam diri seseorang sebagai subjek, antara lain :

1. Pengetahuan yang dimiliki
2. Pengalaman dari individu itu sendiri
3. Pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah
4. Instutisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri.

B. Faktor eksternal, hal – hal yang dihadapi seseorang dan merupakan objek untuk mendapatkansebuah inspirasi bisnis, antara lain :

1. Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
2. Kesulitan yang dihadapi sehari hari
3. Kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain
4. Pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru

Untuk menggali dan memanfaatkan peluang usaha atau bisnis, seorang wirausahawan harus berfikir secara positif dan kreatif di antaranya :

A.  Harus percaya dan yakin bahwa usaha atau bisnis bisa dilaksanakan,
B.  Harus menerima gagasan-gagasan baru di dalam dunia usaha atau bisnis,
C.  Harus bertanya kepada diri sendiri,
D.  Harus mendengarkan saran-saran orang lain,
E.  Harus mempunyai etos kerja yang tinggi,
F.   Pandai berkomunikasi.

Menganalisis Peluang Usaha dengan Analisis SWOT

Untuk dapat menganalisis peluang usaha bisa dengan menggunakan Analisis SWOT yaitu,

A. Strength adalah kekuatan apa yang akan mendukung usaha kita untuk mencapai sasaran.
B. Weakness adalah kelemahan apa yang membatasi atau menghambat usaha kita.
C. Opportunity adalah peluang usaha apa saja yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan
D. Threat adalah Ancaman apa saja yang terjadi saat kita berusaha.

Resep Dr.D. J. Schwartz tentang cara memanfaatkan peluang bisnis
adalah sebagai  berikut :

A. Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.
B. Janganlah hadiri lingkungan yang statis yang akan melumpuhkan pikiran wirausahawan.
C. Setiap hari bertanyalah pada diri sendiri, “ bagaimana saya dapat melakukan usaha lebih baik ? “.
D. Bertanya dan dengarkanlah.
E.  Peluas pikiran anda

Dalam memanfaatkan peluang usaha Paul Charlap mengemukakan sebuah rumusan yang mencakup 4 unsur yang harus di miliki seorang wirausahawan :

1.    Work hard ( kerja keras )
2.    Work smart ( kerja cerdas )
3.    Enthusiasm ( kegairahan )
4.    Service ( pelayanan )

Sumber Informasi Peluang Usaha
Persyaratan sumber informasi peluang usaha antara lain :

1. Datanya harus lengkap
2. Dapat dipercaya dan masih berlaku.

Sumber informasi peluang usaha dapat diperoleh dari :

1. Bagian pemasaran dan penjualan
2. Kedudukan perusahaan di pasar
3. Bagian pembukuan
4. Hasil penelitian pasar
5. Konsumen/Pembeli/Pelanggan dan Distributor
6. Hasil penelitian pemasaran
7. Para pesaing
8. Wilayah niaga
9. Media massa, dll

Analisis Peluang Usaha berdasar jenis Produk/Jasa

A.    Minat seseorang, misalnya berminat dalam dunia perdagangan, jasa atau bidang lainya.
B.    Modal,apakah sudah tersedia modal awal atau belum, baik dalam bentuk uang maupun barang/mesin.
C.    Relasi, apakah ada keluarga atau teman yang sudah terlebih dahulu menekuni usaha yang sama.

Di samping itu, memiliki bidang usaha juga harus mempertimbangkan hal berikut :

A.    Pengaruh lingkungan sekitar.
B.    Banyak sedikitnya poermintaan masyarakat terhadap jenis usaha yang akan kita pilih.
C.    Kecocokan antara kebutuhan masyarakat dengan jenis usaha tertentu.
D.    Banyak sedikitnya pesaing.
E.    Adanya kemampuan untuk bertahan dan memenangkan persaingan.

Contoh peluang usaha dibidang Jasa yang sangat dibutuhkan masyarakat, antara lain sebagai berikut :

1.    Jasa servis
2.    Jasa hiburan
Contoh : Bioskop, Kafe, Layar Tancap, dan sebagainya.
3.    Jasa transportasi
Contoh : Menyediakan Angkutan antar jemput anak sekolah, Rental Mobil, dan sebagainya.

Analisis Peluang Usaha Berdasar Minat dan daya beli Konsumen.
Untuk mengetahui besar-kecilnya minat masyarakat terhadap usaha yang kita dirikan, kita bisa melakukan Observasi. Observasi ini bisa dilakukan dengan cara :

A.    Mengadakan pengamatan langsung ke pasar,
B.    Melakukan wawancara,
C.    Memberikan angket untuk diisi oleh calon konsumen.

Cara kedua yaitu kita harus meneliti siapa konsumen yang akan menggunakan produk kita.

Hubungan antara minat, daya beli dan kelangsungan usaha adalah dapat digambarkan sebagai berikut :
A.    Minat besar, daya beli kuat, kelangsungan usaha terjamin.
B.    Minat besar, daya beli rendah, kelangsungan usaha terhambat.
C.    Minat rendah, daya beli rendah, usaha tidak dapat berlangsung

Tidak ada komentar:
Write komentar